Sabtu, 22 Juni 2013

Hobi Mengajar

Hi all,

Sejak di pesantren dulu, gue udah mulai terbiasa dengan "belajar dan mengajar".
Oh iya...walau profesi gue seperti ini, gini-gini pernah mondok dipesantren lho hehehe. Cek deh websitenya : http://pondokaliman.blogspot.com/

Menurut opini gue, konsep belajar dan mengajar itu bagus banget lho. Ada hadis yang sangat populer waktu itu, bunyinya : khairukum man ta'allamal qur'aana wa'allamahu (sebaik-baik kamu sekalian adalah yang "belajar" alquran dan "mengajarkan"nya). Jadi, Nabi SAW memang sudah mengajarkannya pada kita semua.
Sederhananya, kesempurnaan konsep ini karena adanya proses dua arah; dari menggali ilmu hingga mengamalkan/mengajarkannya sehingga ilmu itu menyebar dan mengekal pada diri pengajar. Menarik bukan ?

Gue sempat belajar "mengajar" di pondok ini, waktu ada program pesantren kilat. Biasanya waktunya itu pas liburan panjang anak2 sekolahan. Gue korbanin libur balik kampung dengan belajar "mengajar" santri2 pesantren kilat yang berasal dari sekolah2 umum. Kalo gak salah gue waktu itu ditugasin mengajar "hafalan bacaan shalat" deh. Dari sini gue mulai tau...gimana seni mengajar agar para siswa itu senang dan paham terhadap subyek yang diajarkan. Sangat menarik deh pengalaman waktu itu !

Selepas dari pesantren (cuman tiga tahun; 1989 - 1992), gue diterima di SMA Muhammadiyah 2 di yogya.
Disini gue juga masih senang belajar dan mengajar. Teman2 gue di SMA sering belajar bareng di rumah. Puncaknya sewaktu menjelang UMPTN, kita sempat punya grup belajar sendiri dengan konsep belajar dan mengajar. Dari 5 member grup belajar ini, mereka pada diterima di IPB, ITB, UII dan STTNAS Yogya. Setahu gue semuanya sudah sukses deh, alhamdulillah.

Waktu kuliah di teknik sipil ITB, tepatnya waktu tingkat 4 (thn ajaran 1999/2000), gue jadi asisten dosen untuk mata kuliah :
1) SI-201 : Statika
2) SI-202 : Mekanika Bahan
3) SI-311 : Analisis Struktur 1
4) SI-312 : Analisis Struktur 2
5) SI-222 : Pengetahuan Struktur (khusus mata kuliah ini gue jadi asdos di jurusan Teknik Lingkungan ITB)
Hehehe...menarik bukan? belajar dan juga mengajar melalui profesi asisten dosen. Alhamdulillah, banyak bagian dari mata kuliah diatas yg gue kurang paham...tiba2 menjadi tercerahkan sewaktu mengajar. Perfect !

Sewaktu bekerja di Batam, alhamdulillah juga berkesempatan mengajar. Kali ini malah lebih serius alias beneran, yaitu jadi dosen di Universitas Internasional Batam (UIB), http://www.uib.ac.id.
Sempat 2 semester mengajar yaitu :
1) Semester Ganjil Thn 2004/2005 :
- Komputer Teknik Konstruksi 1
- Struktur Beton Prategang
2) Semester Genap Thn 2004/2005 :
- Komputer Teknik Konstruksi 2
- Dinamika Struktur
Menariknya waktu di UIB, kurikulumnya gue develop sendiri. Bahkan khusus komputer teknik konstruksi, gue ngenalin konsep kuliah aplikasi software analisis struktur dibandingkan dengan cara hitungan manual/teoretis. Jadi para mahasiswanya, gue minta mastiin bahwa output komputernya sama dengan/mendekati dengan kalo kita menghitung secara manual berdasarkan teori2mekanika teknik dan struktur baja/beton. Waktu itu, mata kuliah komputer teknik konstruksi 1, gue perkenalkan software SAP2000. Sementara di mata kuliah komputer teknik konstruksi 2, software STAADPro yang diperkenalkan. Jadi, diharapkan mahasiswa2 UIB siap bekerja dengan dua software teknik struktur yang sangat dikenal dikalangan industri, gak hanya tau cara memakainya tapi juga menverifikasi hasilnya. Menarik bukan ??

Cita2 gue someday, tetap ingin mengajar/jadi dosen. Sharing seluruh pengalaman yg pernah diraih agar generasi penerus mendapatkan pengalaman teoretis dan aplikatif.

Mohon doanya pembaca, semoga gue berkesempatan bisa sekolah S2 dan S3 sehingga bisa sempurna menjalankan konsep "belajar dan mengajar" yang gue obsesikan dari dulu kala.

Salam,
Bram





2 komentar:

  1. Ternyata boss bram ini SMA muh 2 jogja to.
    SMA1YK, Kuya97,

    Ngajar keliling migas di kampus2 mas di komunitas offshore-skills.com
    https://www.facebook.com/groups/541824999182681/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...mantabh kuya Anton. Ok mas..entar kalo saya pulang ajak2in aja...moga2 ada waktu bisa sharing.

      Lanjutkan kuy....

      Hapus