Sabtu, 22 Juni 2013

Perkenalan

Hi all,

Nama gue bram, lengkapnya abraham imam muttaqin.
Gue bikin blog ini pengen sharing sesuatu yang mungkin bermanfaat buat siapa aja yg mbaca.
Apa aja mungkin bakal gue tulis disini, dari mulai personal view sampai mungkin yang rada berat ke dunia kerjaan gue hehehe.

Gue lulusan teknik sipil dari itb. Dulu cita2nya pengen jadi ahli struktur gedung atau jembatan.
Eh..sayang, jaman gue lulus masih susah cari kerja di bidang yg gue pengenin itu. Sempat nyemplung sih sebentar di industri konstruksi, tepatnya bikin pabrik susu dancow di pasuruan hehehe. Nah tuh...jauh pisan dari bandung kan ?

Hm...takdir Allah juga yg mengantarkan gue berkecimpung pertama kalinya di industri perminyakan, lebih tepatnya di bidang "offshore structure". Dunia yg sama sekali gak gue bayangkan waktu kuliah kurang lebih empat tahun di sipil itb hehehe. 29 September 2001 tepatnya gue join McDermott Batam sebagai construction engineer. Kesannya ngurusin (manajemen) konstruksi ya...eh tapi sebenarnya profesi itu malah betul2 "structural engineer" lho. Buktinya kita diberi perangkat software analisis offshore structure bikinan in-house mcdermott, yaitu MicroSAS. Scopenya bikin prosedur teknik untuk support fabrication engineering di McDermott, seperti : lifting procedure, loadout procedure, weighing procedure, transportation procedure, de el el ....

Cukup lama juga di batam, sampai mei 2005, sebelum akhirnya join dengan Fabrikator asal Malaysia, yaitu MSE atau sekarang dikenal dengan MMHE (malaysia marine and heavy engineering) di Johor Baru.
Ini pertama kalinya gue jadi expat hehehe, walau cuman nyebrang 45 menit doang dari batam. Sangat singkat disini, cuman sampai November 2005, sebelum akhirnya gue join dengan McDermott Jakarta. Nah...inilah memang cita2 gue dari awal dulu...pengen kerja di design/engineering, alhamdulillah kesampain juga di McDermott Jakarta. Happy banget gue waktu itu.

Selama 2 thn gue menimba ilmu design offshore structure, gue mulai mengembangkan sayap jadi expat lagi ke kuala lumpur, tepatnya join dengan technip malaysia. Dengan bidang yg masih sama dengan di jakarta, gue menambah ilmu dan skill baru di company perancis ini, salah satu kiblat ilmu design yg bagus menurut gue selain McDermott. Di technip inilah gue pertama kali menggunakan software SACS sebagai alat bantu utama mendisain offshore structure.

Setelah 2 thn di technip malaysia, gue diberi kesempatan join dengan Petronas Malaysia. Disini gue punya banyak kesempatan mengenal lebih luas industri migas, dari hulu sampai hilir. Gak cuman design/engineering skill, tapi mulai mengenal dan belajar juga tentang project management, project planning and costing, juga interdisiplin sampai ke bagian subsurface dan drilling. Belum lagi waktu gue jadi PMT di petronas, juga berkesempatan berinteraksi dengan PMU, bpmigasnya malaysia. Hm...menarik deh pengalamannya.

So what is my next journey ? hehehe
Kayak kutu loncat ya kesannya ? ... hm menurut gue sih gak juga (baca juga: tulisan "Merantau ke Negeri Orang"). Mirip para penuntut ilmu agama jaman dulu, berkelana dari satu pesantren ke pesantren lainnya demi mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan. Sama deh ... gue berkelana dari mulai di fabrikasi lalu ke engineering/design dan join dengan oil and gas company, ceritanya pengen dapat exposure lebih luas tentang industri ini. Setelah direnungi lagi...gue pamit dulu dari petronas, pengen nambahin ilmu dulu ke tempat lain, karena gue masih merasa banyak kekurangan.

Tepatnya awal desember 2012, gue balik ke design/engineering, di technip thailand.
Lokasi yang asing buat gue dan keluarga....tapi disinilah insyaAllah gue ingin mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih banyak lagi di bidang yang gue geluti, offshore structure, hehehe.
Doain aja deh pembaca....semogatercapai harapan gue.

Salam Kenal,

Bram




1 komentar:

  1. Numpang nanya senior, saya dari sipil itb yang bingung nyari tempat KP, kalau boleh tau ada kesempatan gk utk KP di mcDemmort? Kalau bisa caranya gmna ya mas?

    BalasHapus